Laman

Message, (Media Syi'ar dan Wawasan Generasi Cendikia), Be Smart Be Religious

Sabtu, 01 Juni 2013

Awali Langkah mu dengan Bismillah !!!


Keberanian adalah awal dalam sebuah pergerakan. Dengan   Bismillah semua tidak perlu ditakutkan.
Ketika mentari pagi tiba tak terasa kita telah diberikan anugrah kenikmatan terindah, menghembuskan nafas, dapat melihat, melangkah, merenggangkan tubuh wah rasanya sangat melegahkan. Akan tetapi sayang sangat disayang seringkali ini dilupakan kebanyakan orang, apakah ini mungkin karena sudah menjadi  kebiasaan dengan nikmat-nikmat ini.
Pelajar, karyawan, mahasiswa, pedagang, pegawai kantoran , ulama, serta presiden sekalipun diberikan nikmat-nikmat ini secara gratis tanpa harus membayar kepada jasa penyedia oksigen. Lantas bagaimana bisa gratis sedangkan kita lihat dirumah sakit,  bernafas perlu bantuan Oksigen dan tentu harus bayar dengan uang.  Nah untuk itulah Agama sebagai petunjuk semua ini. Nikmat-nikmat  ini harus disyukuri dengan beribadah kepada Allah Aza Wajalla. Artinya setiap langkah perlu ingat kepada sang Pencipta, Maha Pemberi, Maha Pengasih serta Maha Penyayang sehingga kita dapat merasakannya dengan baik.
Untuk itu ucapan Bismillah perlu kita biasakan mengawali aktivitas kita. Untuk lebih jelas nya perlu


sekali kita mengetahui apa saja keutamaan BISMILLAH (dengan nama Allah)
Al Kisah ada seorang permpuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau berbuat kebaikan. Permpuan itu selalu membaca Bismillah setiap kali hendak berbicara dan setiap kali dia hendak memulai sesuatu senantiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap istrinya. Suaminya berkata sambil mengejekm “Bismillah lagi, Bismillah lagi. Sebentar-sebentar Bismillah.” Istrinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu hari suaminya berkata: “suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu.” Ternyata dia sudah mempunyai rencana busuk. Untuk membuat sesuatu yang mengejutkan isterinya, dia memberikan uang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, “simpan uang ini.” Isterinya mengambil duit itu dan menyimpan di tempat yang disimpan oleh isterinya. Kemudian dengan diam-diam suaminya itu mengambil duit tersebut dan membuang tas uang ke dalam sumur di belakang rumahnya.
Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, “Berikan padaku uang yang aku berikan kepada engkau dahulu untuk disimpan.” Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan uang itu dia membuka dengan membaca “Bismillahirrahmanirrohim.” Ketika itu ALLAH AZA WAJALLAH mengirim malaikat jibril as untuk mengembalikan uang itu kepada suaminya kembali. Alangkah terkejut suaminya, dia merasa bersalah dan mengakui perbuatannya kepada istrinya, ketika itu dia bertobat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia hendak memulai sesuatu pekerjaan.
Berdasrkan dari kisah diatas sungguh jelas bukti bahwa Allah tidak menyia-nyiakan hamba-Nya yang senantiasa mengucapkan Bismillah dalam memulai suatu pekerjaan.
Rasulullah SAW bersabda: “Tiada seorang hambapun mengucapkan “BISMILLAHHIRAHMANNIRROHIM” kecuali Allah Aza Wa Jalla perintahkan malaikat untuk mencatat amal orang yang membaca Bismillah itu dalam buku induknya empat ratus  kebaikan”.Subhanallah
Rasulullah bersabda, “setiap urusan/pekerjaan/kegiatan yang tidak dimulai dengan Bismillah, maka amalan tersebut terputus
Apa Makna dibalik kata-kata Bismillah ???
Pertama, keagungan uluhiyyah (keutuhanan). Semua mahkluk bersandar, bergantung, dan memerlukan pertolongan-Nya. Menyebut “ Dengan nama Allah yang Maha pengasih Maha Penyayang” berarti meyakini sepenuh hati, Allah SWT adalah sumber kehidupan, poros kebajikan, tujuan pengabdian, dan spirit ketuhanan untuk ‘menghadirkan’ dan mengikutsertakan’ Tuhan kehidupan kita. Bismillah adalah gerbang menuju keikhlasan dan harapan mulia, yaitu meraih mardhatillah (ridha Allah). Membiasakan membaca Bismillah sama dengan belajar untuk tidak melupakan Allah. Sebab lupa kepada Allah merupakan  penyakit hati yang dapat menyebabkan kefasikan dan hilangnya keberkahan hidup ini.
“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang melupakan Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (Qs Al-Hasyr (59): 19).
Kedua, keagungan rahmaniyyah (kasih). Melafalkan bismillah merupakan doa bagi muslim untuk memperoleh kasih-Nya yang tak terbatas. Bismillah menjadi pintu tercurahnya rahmat Alllah dalam menggapai kebahagiaan hidup ini.
“Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka Aku akan tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.’ (Qs Al-A’raf (7); 156).
Ketiga, keagungan rahimiyyah (kasih sayang). Jika kasih Allah diberikan kepada semua makhluk-Nya, kasing sayang-Nya hanya diberikan kepada Muslim, terutama di akhirat kelak. Bismillah menumbuhkan keyakinan kasih sayang Allah itu mengatasi segalanya, sehingga hanya Allah-lah yang akan memberi ampunan dan pertolongan pada hari perhitungan (yaumul hisab) nanti. Dengan bismillah, Muslim diingatkan agar selalu beristigfar kepada-Nya karena Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Keagungan Bismillah tidak hanya karena ia merupakan salah satu ayat dari surat Al Fatihah, tapi juga induk Al Quran itu sendiri.
Dari Abu hurairah ra nabi Muhammad Sallallahialaihiwassallam bersabda: “jika kamu membaca Alhamdulillah, maka bacalah Bismillahirrahmanirrahim, karena ia adalah ummul Quran (induk al Quran) dan Assab’ul matsani (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang atau Al fatihah), sedangkan bismillah itu termasuk salah satu ayatnya.” (Hr Addaruqutni).
Bismillah termasuk etika (adab) spiritual untuk ‘menyapa’ dan mengakrabkan diri dengan Allah SWT. keagungan Bismillah juga tercermin  dari esensi al-Asma’ al-Husna (ar-Rahman ar-Rahim) yang terkandung didalamnya. Bahkan dua nama dan sifat utama Allah ini sesungguhnya merupakan intisari dari al-Qur’an.
Dalam buku Kanzul ‘Ummal fi Sunan al-Aqwal wal Af’al karya ‘Ala’uddin al-Muttaqi dinyatakan “Semua kitab suci yang pernah diturunkan oleh Allah itu (esensinya) ada dalam Al-Quran. Semua yang ada dalam surat al-Fatihah. Sedangkan semua yang ada dalam al-Fatihah itu ada dalam Bismillah.”
Oleh karena itu, kita harus selalu membaca Bimillah dalam memulai segala sesuatu yang positif agar aktivitas kita bernilai ibadah dan mendapatkan berkah. Kita pun harus yakin akvitas yang didahului dengan Bismillah dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan; sebaliknya Bismillah dapat menjauhkan kita dari kesia-siaan dan boleh jadi kemaksiatan.
Kisah Turunnya Bismilllah dan Nabi-Nabi Yang Menggunakannya
Terdadapt banyak kisah tentang turunnya Bismillah dan nabi-nabi yang menggunakannya. Salah satu kisah ialah kisah nabi nuh yang telah berjuang hampir seribu tahun untuk mengajak kaumnya mengikut jalan Allah tapi hanya sebilangan kecil saja yang mengikut ajakannya sehingga Allah menurunkan bala kepada mereka yang ingkar dengan menenggelamkan mereka dalam satu banjir besar yang amat menakutkan. Allah mengajar Nabi Nuh membuat kapal besar bertujuan untuk menyelamatkan dirinya, para pengikutnya dan juga sejumlah binatang. Selain itu Nabi Nuh juga di ajarkan mengucapkan Bismillah pada saat mula berlayar dan pada saat hendak berlabuh. Mereka selamat berlayar dan berlabuh dengan selamat berkat dengan mengucapkan kalimah yang sederhana itu. Setelah itu Allah memerintahkan Nuh membawa pengikutnya, tanaman dan binatang berpasang-pasangan untuk naik ke atas kapal. Banjir naik dengan begitu cepat dan diiringi gelombang stinggi gunung. Hanya Allah saja yang menjadi pelindung. Setelah kaum yang ingkar telah mati,  Allah memerintah bumi untuk menghisap airnya dan langit untuk menghentikan hujan. Setelah  Nabi Nuh dan pengikutnya selamat dengan berkat kalimah Bismillah yang mendapat perlindungan dari Allah.
Hadis-Hadis tentang Keutamaan Bismillah
Hadis-hadis tentang keutamaan Bismillah. Dikeluarkan oleh Darulquthni Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi bersabda; adalah jibril apabila datang kepadaku pertama diberikan kepadaku “Bismillaahirrahmaanirrahim”.Apabila kita mengamalkan kalimah ini selain mendapat jaminan keselamatan, keberkatan dari Allah dengan berkah kalimah ini.
Mengucapkan Bismillah Meringkan Beban dan Senjata Melemahkan Musuh dan Syaitan
Selain itu dengan mengucapkan Bismillah, ia dapat meringankan pekerjaan karena dengan pekerjaan yang didahlui dengan ucapan Bismillah dijamin oleh Allah dan Rasulnya tidak akan bahaya dalam melaksakannya.
Rahasia dan Hikmah Bismillah
Bismillah mempunyai Sembilan huruf. Setiap huruf mempunyai khasiat dan kelebihannya sendiri. Yaitu:
Rezeki
Jika kita menyebut Bismillah niscaya diberi rezeki oleh Allah dengan mudah tidak terduga-duga
Keselamatan
Barang siapa yang membacanya ketika mau tidur 21 kali amanlah ia pada malam itu ia padaa malam itu dari syaitan terkutuk. Dari kejahatan manusia dan jin dari kecurian, kebakaran, dari penyakit, mati mendadak, dan terhindar dari malapetaka.
Penawar penyakit dan sihir
Barangsiapa yang membacanya 100 kali atas penyakit dari penyakit apa saja, atau orang yang terkena sihir, tujuh hari berturut-turut atau lebih niscaya hilangkan penyakit dan sihir itu.
Akal yang waras
barang  siapa yang membacanya 41 kali atas telinga orang yang gila atau tidak sadar, maka kembali sekita itu juga.
Rezeki yang banyak
 barangsiapa yang membacanya ketika terbit matahari disiang hari menghadap kiblat, sejumlah rasul-rasul yaitu 313 kali juga mengucap salawat ke atas nabi 100 kali, diberikan rezeki oleh Allah yang tidak diduga-duga denga karunianya dan kemuliaanya dihadapannya.
Menolak bahaya orang zalim
Barangsiapa yang membiasakannya menurut hitungan abjad yaitu 787 kali dengan niat yang tulus di dalam ridha Allah serta menyampaikan hajatnya atau untuk menolak bahayanya dari musuh-musuh dan orang zalim. Atau supaya taat atau untuk memperoleh rezeki atau mencapai keuntungan maka ia akan beruntung dengan izin Allah dan hasil maksud denga berkat bismillah
Kelebihan Bismillah Menurut Rasulullah SAW
Bismillaahirrahmaanirrahim hanya diturunkan kepada dua nabi yaitu Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad. Walaupun nabi Hud telah menerima wahyu Bismillah jauh sebelum nabi Sulaiman, namun itu baru Bismillah saja, belum lengkap seperti yang diterima oleh Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad
Pada saat Bismillahirrahmaanirrahim diturunkan kepada Nabi Muhammad, awan menyingkir ke sebelah timur, angin berhenti bertiup, laut tenang, semua binatang memasang telinga mendengarkan, sementara syaitan direjam. Begitulah suasana luar biasa yang telah terjadi ketika kalimah ini diturunkan. Nama Allah baik nama utama atau nama pengganti-Nya, semuanya diberkati. Itu dapat di lihat dalam Al-Quran surat ar- Rahman ayat 78. Keamanan dijamin dengan nama Allah. Terlindung dari siksaan malaikat Zabaniyah yang tidak mengenal ampun dan siksaannyaamat kejam dan paling di takuti. Selain itu tawakal adalah pekerjaan yang besar artinya karena tawakal di dahului dengan bismillah.
www.Abdazizharjin.tripod.com
www.rumahzakat.org
http://www.berkah2013.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India