Tuesday 4 June 2013

Sehat Gigi dan Mulut, Sehat Pula Otaknya

Sobat taskia ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, bahwa menggosok gigi selain menjadi gigi kita tetap terjaga dari kotoran makanan dan bau mulut, juga dapat menajaga kesehatan-kesehatan tubuh yang lain, lawa tidak percaya coba simak uraian ini..
Orang yang menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan rajin menyikat gigi, cenderung tidak mengalami dementia (penyakit penurun daya ingat, psikologis, dan fisik) di kemudian hari. demikian menurut hasil penelitian yang dirilis di Journal of American Geriatrics Society.
Gambar google
Para peneliti di Universitas California, Amerika Serikat, mengikuti dengan seksama perkembangan kesehatan 5.500 orang selama lebih dari 18 tahun. Mereka mendapati, 65 persen dari orang-orang yang menyikat gigi kurang dari satu kali dalam sehari cenderung mengalami dementia, dibanding orang yang menyikat giginya setiap hari.
Dan pada penelitian lain sebelumnya telah diketahui bahwa orang-orang yang menderita Alzheimer (penyakit penurunan daya ingat dan kemampuan berfikir karena kerusakan syaraf pada otak), jenis penyakit demensia yang paling umum ditemukan, pada otaknya terdapat lebih banyak bakteri penyebab sakit pada gusi masuk ke otak, lalu menyebabkan peradangan dan akhirnya menimbulkan kerusakan sehingga penderita mengalami gangguan pada fungsi otak.
Meskipun demikian, pakar lain yang tidak terlibat dalam penelitian itu belum berani memastikan bahwa menggosok gigi dapat mencegah demensia. Menurut mereka penyakit otak itu juga disebabkan oleh banyak faktor lain.
Dalam islam terdapat sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahi Wa'alaihiwasallam untuk menyikat gigi setiap akan shalat dan setelah mengkonsumsi makanan yang berbau. wah dengan adanya penelitian yang telah berkembang dizaman ini, sungguh telah membenarkan sunnah  yang telah diajarkan oleh Nabi kita yang terakhir, bahwa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan bau mulut.
(majalah hidayaullah edisi 06/Dzulqaida 1433)

0 comments:

Post a Comment