Monday 23 November 2015

Tren Seni Islam di Masa Kini

by: Ustad Luki and friends (Tim Nasyid Salsabila)


Arti dari seni adalah keindahan.Allah menyukai keindahan. Anugerah seni yang telah diberikan Allah kepada manusia sangat banyak jenisnya,beberapa di antaranya seperti suara yang merdu dalam bentuk pelantunan syair,lagu,bahkan saat mengaji. Pada saat Hijrahnya Rasulullah dan sahabat dari Mekah ke Madinah,Rasulullah dan para sahabat disambut dengan senandung syair dan iringan musik yang memuji Allah dan rasulnya. Begitu pula hal nya pada saat pernikahan,tatkala pada pernikahan sahabat,Rasulullah menanyakan apakah musik dan penyair telah dipersiapkan pada saat acara.Ternyata Rasulullah pun juga menyukai seni,seperti lagu dan suara yang merdu pada nyanyian.
Yang berikutnya masih banyak jenis lain dari kesenian,seperti seni tari,seni lukis,seni pahat,seni rupa,bela diri,dan banyak lagi.
Berbeda dengan fenomena seni yang dilakukan orang-orang kafir masa kini,yang mengumbar aurat dan menebar syahwat,bukannya membawa nasehat justru malah menyampaikan hal-hal yang tidak bermanfaat,bahkan mendatangkan dosa. Menyaksikan dan menikmati seni sehingga lupa dengan sekelililingnya,karena asyiknya sehingga lalai dan meninggalkan ibadah,sehingga lupa waktu dan berujung pada penurunan produktivitas dan kualitas diri.
Lalu bagaimana seharusnya kita menanggapi perkembangan seni sekarang ini?,ternyata dalam Islam sangat menyetujui bahwa seni adalah keindahan serta anugerah dari-Nya,dan penuangan seni itu dimaksudkan sebagai kesyukuran pada Allah. Lagu atau nyanyian yang dibenarnkan dalam Islam,adalah yang mengajak pada kebaikan dan tidak melalaikan ibadah dari mengingat Allah,tidak menjadikan orang bermalas-malasan melakukan hal lain,bahkan mengandung nasehat kebaikan,dan tergeraklah hatinya saat mendengar lantunan tersebut. Dan hal-hal tersebut,bisa membuat seni lagu ini yang awalnya sunnah menjadi wajib mengingat manfaat yang banyak,dan dapat menjadi tempat dakwah yang baik untuk menyiarkan dan mengingatkan dalam kebaikan. Namun teryata,tetaplah seni tertinggi di mata Allah adalah membaca Al-Qur’n dan menadaburi ayat-ayatnya,membacanya dengan tartil dan lantunan yang indah,yang ketika orang mendengar tergeraklah hatinya dan bertambahlah keimanannya.
Maka dari itu,sebenarnya Seni adalah keindahan, dan sesungguhnya Allah menyukai keindahan. Dan tidak salah ketika kita ingin mencari hiburan,tetapi alangkah baiknya untuk jangan salah memilih hiburan,dengan memilih hiburan yang baik,yang ketika melakukannya bertambahlah ilmu dan hal-hal postif dalam diri dan bersemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Reported: Indah 


0 comments:

Post a Comment